A. Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.
Pengertian lain dari kecerdasan buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
B. Jaringan Semantik
Jaringan semantik adalah gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek, terdiri dari lingkaran-lingkaran yang dihubungkan dengan anak panah yang menunjukkan objek dan informasi tentang objek-objek tersebut. Gambar berikut menunjukkan representasi pengetahuan menggunakan jaringan semantik.
Berikut merupakan contoh jaringan semantik yang menerapkan kecerdasan buatan dalam pembelajaran Sistem Koloid
Permasalahan:
- Dari desain semantic network yang saya buat, apakah efektif dalam pembelajaran?
- Lalu menurut pendapat kalian, apa kelebihan dan kelemahan desain yang saya buat?
menurut saya sudah cukup efektif, namun e magazine ini menurut saya bukan merupakan sebuah produk AI, alangkah baik nya jika penulis mau mengembangkan e magazine ini sehingga sifatnya bisa berubah menjadi AI seperti WEB Semantik
BalasHapusSaya setuju dengan kak rina namun saya ingin menambah kan bahwa akan lebih baik jika di lengkapi dengan musik. Agar pembelajaran tidak terlalu monoton dan agar pembelajaran jdi lebih bermakna.
Hapussependapat dengan dian dan kak rina, ingin menambahkan sedikit saran hendaknya menambahkan aspek sosial dan agama sehingga dengan semantic network yang telah dibuat dapat memenuhi segala aspek
Hapusmenaggapi pertanyaan kak fanny menurut saya secara umum semantik network yang telah dibuat cukup efektif untuk direalisasikan dalam pemeblajaran karenadengan penggunaan emagazine ini tentu akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa sehinnga tidak monoton. selain itu emagazine tentu akan meningkatkan motifasi siswa karena disainnya yang menarik sehingga mudah dipelajari oleh siswa.
BalasHapushal ini juga sekaligus menjawab pengenai pertanyaan kelebihan dari desain semantik kakak, selanjutnya untuk kelemahannya menurut saya pengoperasian emagazine ini kan di leptop/komputer akan lebih efesien bila bisa digunakan dihandphone, nah bila siswa tidak memiliki perangkat ini tentu akan muncul masalah baru. kemudian karena emagaizine ini software perlu adanya bimbingan terlebih dahulu kepada siswa tentang cara menggunakannya agar dapat diperoleh hasil yang maksimal.:)
Saya setuju dengan pendapat fira, pada pertanyan pertama : Dari desain semantic network yang saya buat, apakah efektif dalam pembelajaran?
Hapusdesain semantic network yang telah dibuat oleh fanny cukup efektif dalam proses pembelajaran karena pembelajarannya yang tidak monoton, kemudian menarik dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa sehinnga mudah dipahami oleh siswa.
menurut saya semantic network yang fanny buat sangat menarik dan mungkin tidak perlu menunggu beberapa tahun akan datang tetapi sekarang sebenarnya juga bisa diterapkan ,
BalasHapusmenurut saya kelemahannya yakni masih monoton dan inovasi yang ditampakkan menggambarkan AI belum terlihat jelas sehingga perlu ditambahkan inovasi lain dalam pembelajaran jika ingin menggunakan semantic network ini untuk 20/30 tahun akan datang
Saya setuju dengan pendapat saudari rini,
HapusSemantic network yg di buat saudari fanny sudah layak di gunakan dan sesuai dgn perkembangan yg ada sekarang tapi akan lebih baik di tambahkan AI yenag lebih inovatif lagi agar todak monoton, di tambahkan pula games, kuis dan animasi atau video pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari yang sering di jumpai dan bisa dengan menerapakan hologram atau kacamata 4d juga bisa lebih baik
menurut saya sudah efektif untuk pembelajaran. saran untuk yang quiz yaitu soal dimasukkan ke media sehingga lebih efektif lagi
BalasHapussaya sependapat dengan saudari tri. semantic networks yang dibuat sudah efektif untuk pembelajaran. saran untuk yang quiz yaitu soal dimasukkan ke media sehingga lebih efektif lagi.. bahkan evaluasinya dalam bentuk yang jauh lebih bervariasi.
Hapusmenurut saya semantic network yang fanny buat cukup menarik, namun sabagai saran perlu ditambahkan aspek sosial dan keagamaan yang fungsinya untuk observasi nilai sikap peserta didik selama proses pembelajaran sesuai dengan jaringan semantik yang telah dirancang
BalasHapusmenurut saya semantic AI berbentuk emagazine pada materi koloid yang rifany buat sudah bagus, namun saran saya untuk penjelasan lebih bagusnya dibuat diluar gambar, semantic network yang dibuat lebih mudah dipahami.
BalasHapusMenurut saya semantic network yang dirancang rifanny sudah baik, sudah cocok di masa sekarang emagazine bs dibuka dimana saja dan kapan saja dalam genggaman sehingga siswa pun mampu belajar mandiri, namun perlu penambahan inovasi nilai AI atau lebih canggih lagi jika digunakan beberapa tahun kedepan
BalasHapussaya sependapat dengan Kak Melda yaitu "emantic network yang dirancang rifanny sudah baik, sudah cocok di masa sekarang emagazine bs dibuka dimana saja dan kapan saja dalam genggaman sehingga siswa pun mampu belajar mandiri, namun perlu penambahan inovasi nilai AI atau lebih canggih lagi jika digunakan beberapa tahun kedepan", disisni sangat menuntut kreatifitas seseorang menciptakan inovasi-inovasi baru.
Hapus