Berdasarkan pemanfaatan IoT di kehidupan manusia, terutama dibidang pendidikan, saya membuat suatu pengaplikasian IoT yang berupa media pembelajaran kimia pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kemudian media tersebut saya upload ke youtube sebagai salah satu media belajar tambahan baik di kelas maupun di luar pembelajaran kelas. Untuk dapat melihatnya teman-teman mengklik link ini atau melihat videonya di bawah ini.
Berdasarkan hasil pembuatan media tersebut, saran apa yang dapat anda berikan untuk memperbaiki dan menabahkan media yang saya buat? harapan apa yang anda berikan sebagai calon pendidik/pendidik dengan andanya IoT ini?
saran saya untuk video pembelajaran yang telah Fanny buat mungkin bisa di tambahkan sebuah kuis dimana siswa dapat sekaligus mengerjakan soal" dengan materi laju reaksi dan juga animasi bagaimana faktor" laju reaksi tsb dpt terjadi. saya berharap pendidik dapat memberikan ilmunya tidak hanya di kelas saja tetapi juga ilmu tersebut dapat sampai ke rumahnya melalui video / produk pembelajaran yg membelajarkan siswa.
BalasHapussaya setuju dengan pendapat rina disini saya tambahkan untuk saranny yaitu terdapat efek suara yang mengganggu dalam penjelasannnya. sehingga suara dari fannya lebih rendah dari suara yang lainnya
Hapustambahan juga, pada dasarnya videonya sudah cukup bagus, kreatif dan inovatif, tetapi ada beberapa adegan yang kelihatan sedikit "rempong" yaitu pada saat praktek memasukkan zat terlarut ke dalam pelarut dimana ada beberapa tangan yang kelihatan kurang efektif dan sedikit mengganggu jalannya video. supaya kedepannya diperhatikan agar dapat menampilkan video pembelajaran yang lebih mantab
Hapusmenurut saya video yang dibuat oleh kak fany sudah bagus dan menarik, namun sependapat dengan kak rina bahwa pada video teresebut yang telah dibuat oleh kak bahwa video yang telah kak rina buat sudah bagus dan cukup menarik serta jelas untuk dipelajari siswa dirumah namun akan lebih baik bila ditambahkan sebuah kuis dimana siswa dapat sekaligus mengerjakan soal" dengan materi laju reaksi dan juga animasi bagaimana faktor" laju reaksi tsb dpt terjadi. hanya saja kekurangan dari video ini adalah pada efek suaranya yaitu suara seperti suara hujan, hal ini perlu menjadi perhatian agar penonton dari video yang kak fanny buat tetap menyaksikan video pembelajarannya sampai selesai
Hapusvideo pembelajaran yang fanny buat sudah cukup menarik buat saya dan sesuai dengan vlog anak-anak jaman now yang bisa menarik perhatian belajar siswa colorfull , terdapat juga penjelasan, dan ada praktikum/ demonstrasi sehingga siswa menjadi lebih mudah memahami materi tersebut, namun saya juga sedikit stuju dengan rina harus ada nilai pembelajaran atau kuis yang membuat siswa berpikir saat video berlangsung sehingga mereka bisa mengkur kemampuan diri mereka sendiri sambil belajar dan mengoreksinya dari video tersebut.
BalasHapussaya setuju dengan kak melda, video yang dibuat kak fanny sangat menarik dan sesuai dengan perkembangan sekarang yang membuat orang tertarik untuk melihatnya namun disini yang sedikit mengganggu yaitu suara hujan yang mengganggu kejelasan suara asli kak fannya
HapusSaya setuju dengan kk melda, bahwa media pembelajaran yang dibuat oleh fanny sudah cukup menarik dilihat dari segi tambahan penjelasaanya berupa teks dibawahnya dan adanya pratikum sehingga siswa lebih mudah memahami, akan tetapi terdapat sedikit gangguan suara lain yang menyebabkan suara fanny kurang terdengar.
HapusSaya juga sependapat dgn teman teman bahwa video pembelajaran yg sudah kk buat cukup baik. Namun disini perlu adanya penambhan soal soal pembahasan mengenai faktor laju reaksi itu sendiri.
Hapussaya setuju dengan teman" diatas video pembelajaran yang fanny buat sudah cukup menarik. cocok anak-anak jaman now yang bisa menarik perhatian belajar siswa. namun untuk hasil pratikum untuk melihat larut tidak larutnya bisa digunakan animasi kelarutan dari garam halus dan garam kasar.
Hapussaran saya atas video pembelajaran yakni agar efek audionya dapat lebih jelas sehingga siswa nantinya dapat lebih mendengar dengan baik apa yang sedang dibahas
BalasHapusSaya setuju dengan pendapat saudara rini, alangkah lebih baiknya menggunakan penyaring suara , agar suara indah saudari fanny bisa lebih terdengar jelas.
Hapussaya sependapat dengan kak Rini dan kak Rahma yang mengatakan "sarannya agar efek audionya dapat lebih jelas sehingga siswa nantinya dapat lebih mendengar dengan baik apa yang sedang dibahas". karna suara yang kurang jelas dapat menimbulkan penapsiran yang berbeda oleh siswa.
Hapusvideo yang saudari buat sudah cukup baik. melibatkan siswa dalam prosesnya. namun tidak adanya interaksi langsung antara siswa dan guru terasa ada yang kurang. memang semua media yang dibuat tentu ada kelemahan dan kelebihan. dalam menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya dipilih secara tepat dengan melihat kelebihan media untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu
BalasHapus